Thursday, December 25, 2008

The Hollow Men - Cresta

Photobucket

Cresta by The Hollow Men is a hidden gem of neo psychedelia baggy hybrid dari kedigjayaan music Madchester (sebuah riak dalam revolusi musik yang terpusat di kota Manchester, northern England) yang pernah membuat seluruh Inggris melayang di akhir '80-an dan awal '90-an, untuk kemudian punah.

Didirikan di kota Leeds, Inggris (tempat lahirnya band-band hebat seperti Gang of Four, Pale Saints, The Wedding Present, etc.) di pertengahan tahun '80-an. Band ini awalnya sebuah proyek musik dari two Loiners Lads (sebutan orang-orang Leeds) yaitu David Ashmoore (vokal) dan Choque (gitar ritem), yang kemudian sepakat menarik Brian E. Roberts (gitar melodi), Howard Taylor (gitar bas), dan Jonny Cragg (drum) untuk bersama-sama mengadu peruntungan di kancah musik negeri mereka dengan mengusung nama The Hollow Men. Setelah merilis album Cresta, mereka didaulat oleh para kritikus Inggris sebagai bagian dari gelombang baggy successors-nya The Stone Roses.

Dirilis oleh Arista Records di tahun 1991, Cresta bukanlah tipikal album Madchester biasa. Materi album ini sarat unsur-unsur eksperimental yang berani menembus pakem musik Madchester seperti psikedelia '60-an, jangle pop, yang dipadu dengan groove acid house. Suara Ashmoore yang lembut, charming, dan menggoda berpadu dengan indahnya melodi musik yang menjadi kekuatan utama album ini. Belum lagi aransemen musiknya, kuat dan brilian.

Lagu-lagu yang menonjol di album ini antara lain "The Moon's Balloon" yang menggabungkan unsur baggy ecstaciesque dan dance beats ala New Order. Di lagu "November Comes", suara gitar wah dari Choque dan Roberts terasa pas sebagai harmoni melodi lagu ini. Lagu "Barefoot Parade" dan "Pantera Rosa", can be included as one of the amazing Mancunian pop anthems' playlist. Tidak ketinggalan nyali mereka dengan memasukan unsur shoegaze ke dalam lagu "Tongue Tied".

Cresta was beautifully crafted, dan sophisticated di eranya, fully inspired by Mancunian spirit. Sensasinya tidak akan cepat lekang ditelan waktu, setidaknya sampai sekarang. Rasanya tidak berlebihan jika album ini disejajarkan dengan album-album fenomenal Madchester seperti The Stone Roses-nya The Stone Roses, Life-nya Inspiral Carpets, Some Friendly dari The Charlatans dan Pills 'n' Thrills and Bellyaches milik Happy Mondays. The Drowner

Source: A fraud transaction with Mr. Reza Ansel, the imaginary boy, sisa-sisa dari anggota awal Young Offender yang masih bertahan hidup... Syaluttts! <---Bobby's style

Photobucket

get the link!

buy it!

No comments: